SUBHANALLAH, TUMBUHAN YANG SATU INI..!! MULAI DARI DAUN, BATANG, SERTA AKARNYA MEMPUNYAI MANFAAT YANG MENAKJUBKAN, BISA MENYEMBUHKAN BERBAGAI PENYAKIT.. (( MOHON DI BANTU BAGIKAN ))

Brotowali atau dapat pula dimaksud bratawali, di kenal dengan rasa pahitnya. Tetapi janganlah salah, lantaran pahitnya itu juga banyak orang yang mengkonsumsi nya. Aneh bukan? Tetapi itu sebenarnya, dengan rasa yang super pahit, tetapi Brotowali super dengan juga manfaatnya, terutama untuk kesehatan.
Dari karakteristik tanaman Brotowali ini, yaitu tumbuhan yang merambat tetapi mempunyai jumlah batang yang cukup lebat, bukan hanya daunnya saja. Bahkan juga terdapat banyak yang tumbuh dengan batang makin banyak, dan daunnya cuma sedikit, seperti tumbuhan batang saja.

Tanaman hijau yang tumbuh merambat ini, banyak di konsumsi sebagai jamu. Sampai banyak penjual jamu yang menyajikannya. Dengan hal itu, anda dapat gampang menemukannya untuk di mengkonsumsi sesuai sama keperluan semasing. Kandungan yang ada pada tanaman Brotowali yaitu barberin, palmatin, alkaloid, pikroretin, glikosida, palmatin dan harsa. Di mana setiap zat mempunyai faedah semasing. Yang mana di setiap sisi pada tanaman Brotowali ada kandungan yang berbeda.



Manfaat Brotowali Sebagai Tanaman Obat
Manfaat Brotowali sebagai tanaman obat tradisional dapat di rasa dari ujung akar hingga ujung daun, terutama dibagian batang, satu diantaranya :

Manfaat Akar Brotowali
Akar pada Brotowali ada zat yang bernama pikroretin, zat pahit yang ada pada batang juga. Zat ini bertindak sebagai perangsang kekuatan urat saraf pada saluran pernapasan. Yang berlangsung yaitu kondisi suhu badan yang panas bakal alami penurunan berbarengan berjalanan pertukaran kekuatan zat di dalam badan, sampai pernapasan jalan lancar.

Manfaat Batang Brotowali
Batang tanaman Brotowali ini direbus, lantas bisa dioles-oleskan saja maupun diminum, sesuai sama kepentingan yang bakal dicapai, dimana Brotowali bekerja sebagai :

• Di minum sebagai obat alami untuk penambah nafsu makan, dapatlah dikombinasi dengan daun Brotowali.
• Di minum sebagai obat Hepatitis, dari batang dan daunnya yang diolah berbarengan.
• Di minum untuk menghindar terjadinya hepatitis dan kanker hati, lantaran ada senyawa terpan, flavanoid, alkaloid, steroid yang bertindak sebagai hepatoprotektor atau bisa disebut dengan pelindung hati.
• Dari batang dan daunnya, digabung dengan madu, diminum sebagai obat malaria.
• Rebusan batang Brotowali dapat di hidangkan sebagai obat gatal-gatal yang menyerang badan. Cukup cuma memoleskan dibagian yang gatal.
• Kulit batang Brotowali mengandung alkaloid yang bertindak sebagai pelumpuh bakteri pada luka, melalui langkah dioleskan dibagian yang terluka. Apabila bakteri dapat dilumpuhkan, jadi infeksi pada luka dapat terhindari.
• Bukan hanya untuk luka saja, air rebusan pada batang Brotowali bermanfaat untuk meniadakan warna kusam di muka sekalian membuat cerah muka, pemakaiannya seperti untuk
bersihkan muka atau dapatlah untuk masker muka.

Manfaat Daun Brotowali
Daun Brotowali bermanfaat juga untuk bersihkan luka dibagian luar, apabila tidak ada obat kimia untuk pembersih luka, cukup cuma rebusan dari daun Brotowali saja. Bukan hanya itu saja, daun Brotowali yang telah direbus, dapat diminum sebagai obat pencahar untuk membuat lancar buang air besar.

Tanaman Brotowali yaitu tanaman yang tumbuh alami sebagai obat tradisional yang telah dikerjakan oleh nenek moyang jaman dahulu. Bahkan juga hingga sekarang ini juga, terdapat beberapa yang mengkonsumsi Brotowali membuat perlindungan kesehatan dan mengobati sakit. Sekali juga merasa yang pahit, tidak jadikan customer Brotowali alami penurunan. Sampai kita dapat memakai tanaman Brotowali dengan banyak manfaat yang didapatkan.

Di Indonesia, hampir di semuanya pulau tanaman Brotowali dapat tumbuh, dimana tiap-tiap daerah mempunyai langkah yang tidak sama dalam pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari. Bukan hanya di Indonesia saja, di luar negeri, manfaat Brotowali juga popular manjur, seperti negara China dan Filipina. Tanaman pahit dengan bermacam faedah yang tersembunyi di dalamnya.

Siapa yang menduga, kalau di balik rasa pahitnya Brotowali tersimpan faedah yang mujarab. Apabila dalam pengkonsumsiannya anda tidak sangat sukai, bisa di berikan madu, supaya rasa pahitnya dapat di imbangi. Seperti beberapa penjual jamu yang menyajikan Brotowali dengan imbangan jamu manis yang lain, supaya rasa pahitnya cepat hilang.

Tanaman Brotowali ini sendiri dapat tumbuh merambat di sebagian tempat, jika juga untuk koleksi tanaman hias di rumah, yang dapat anda pakai setiap waktu, diluar itu tanaman ini dapat tumbuh sendiri tanpa ada mengganggu tanaman yang lain. Umumnya tumbuh merambat di pagar kayu maupun di pinggir jalan. Yang terkadang tidak diperdulikan khasiatnya. Mungkin merasa yang super pahit, sampai tidak dikonsumsi dalam sajian sayur, cukup cuma sajian jamu, yang umumnya di minum ketika pagi dan sore hari.

Tanaman merambat ini, dapat bermanfaat dan diterapkan di semuanya umur, ditambah lagi sebagian orang-tua, yang sukai mengkonsumsi nya. Mereka mengakui rasa-rasanya pahit, tetapi juga khasiatnya tidak kalah mujarab. Manfaat yang dapat di dapatkan pada tanaman Brotowali begitu bermanfaat untuk kita, buat anda sebagian remaja, dapatlah memakainya, di minum ataupun hanya untuk kulit muka, untuk singkirkan noda-noda kusam yang membandel di muka. Anda dapat menantikan manfaat cantik di balik rasa-rasanya yang pahit.

Brotowali ini bisa dapat diminum maupun sebatas dioles-oleskan pada kulit saja. Untuk langkah meminumnya juga berbagai, seperti di seduh sendiri maupun beli di pedagang jamu. Bahkan juga sekarang ini juga berkembang jadi obat yang di bungkus, seperti kapsul, yang terbuat dari Brotowali. Dimana dengan penyajiannya dapat jadikan pilihan anda untuk mengkonsumsi nya untuk faedah yang di perlukan oleh badan.

Pasti, dengan penggunaan yang seperlunya dan teratur. Dimana setiap penyajiannya ada ketetapan yang butuh dipenuhi. Hingga Brotowali dapat berikan manfaat untuk tubuh anda.


sumber:http://www.pakar-herbal.com/
http://www.kepo-sehat.com/2016/03/subhanallah-tumbuhan-yang-satu-ini.html
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment